Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Bisa dibayangkan betapa khawatirnya kita jika ponsel kesayangan kita tiba-tiba mati total. Semua kontak, foto-foto penting, maupun video yang tak ternilai, umumnya disimpan dalam memory ponsel kita. Bagaimana cara kita menghadapi situasi pelik tersebut? Kali ini VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop akan membahas cara memperbaiki ponsel Android yang mati total.

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala sebenarnya hampir sama dengan cara perbaikan ponsel yang menggunakan Sistem Operasi yang lain seperti IOS, Symbian atau yang lainnya. Untuk itu kita perlu mengerti jelas mengenai prinsip cara dasar memperbaiki ponsel yang mati total.
Ponsel yang mati total, umumnya disebabkan oleh factor-faktor berikut ini :
⦁ Jatuh , sehingga komponen di dalam ada yang pecah/rusak karena benturan. Atau jalur yang putus.
⦁ Terkontaminasi oleh zat asing yang bersifat konduktif , seperti air, kotoran dll
⦁ Kehabisan batere, namun tidak bisa di-charge. Silahkan simak artikel berikut ini mengenai ponsel yang mati total karena tidak bisa di-charge.
⦁ Kerusakan software. Biasanya terjadi secara tiba-tiba, dan memerlukan penanganan khusus. 
Selain sebab-sebab umum yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan sebuah ponsel Android mati total. Untuk itu, kita perlu menganalisanya secara runtut dan sistematis. Selalu langkah yang minim resiko dan mudah dilakukan serta cepat, kita dahulukan. Sedangkan langkah yang rumit kita sisakan di tahap-tahap tengah dan akhir dari proses perbaikan. Dari mana proses perbaikan kita mulai? Dibawah ini adalah gambaran tentang tahapan perbaikannya. Jika tahap yang satu tidak bisa menghasilkan solusi, kita harus lanjut ke tahap berikutnya.
⦁ Tahap awal, pastikan batere tidak dalam kondisi kosong. Jika perlu, ganti batere atau pinjam pakai batere dari ponsel lain. Jika menggunakan batere lain, ponsel bisa bekerja normal, berarti kesalahan ada di batere atau rangkaian pengisian batere.
⦁ Coba hubungkan ponsel Android dengan PC. Jika ponsel masih bisa terkoneksi ke PC, berarti Processor utama pada ponsel masih bekerja. Proses kita lanjutkan ke langkah pengisian Software/ flashing. Namun jika koneksi ke PC tidak bisa terjadi, simak langkah berikut.
⦁ Nyalakan ponsel Android dengan menggunakan power supply. Di sini, power supply difungsikan sebagai pengganti batere. Dan yang lebih utama, kita dapat melihat langsung listrik yang masuk ke ponsel.
Figure Cek arus dengan Power Supply
Ada banyak hal yang dapat kita baca sehubungan dengan arus yang terbaca pada Ampere meter di power supply. Contoh; arus 0 mA menandakan bahwa listrik sama sekali tidak masuk ke ponsel. Saat itu kita langsung bisa tahu bahwa kerusakan ada di bagian power supply yang sama sekali tidak bekerja (IC power adalah bagian yang paling kita curigai bermasalah). Bisa juga saat kita periksa, arus listriknya malah tinggi atau tersentak. Kondisi inilah yang kita sebut, ada rangkaian yang terhubung singkat di ponsel tersebut.
⦁ Memeriksa persyaratan kerja CPU. Ada beberapa titik tegangan yang harus dipastikan normal adanya sebelum kita melanjutkan pemeriksaan ke tahap lebih lanjut. Pada kesempatan kali ini, kami mengambil contoh pada Samsung Galaxy S3. Jika kita melihat skema rangkaian Samsung S3 di bawah. Kita akan bisa melihat beberapa tegangan output yang dikeluarkan oleh IC power U500.

Komentar